Sunday, June 29, 2014

6 Cara Menghemat Uang Ala Anak Kost

Sedang ada program menghemat uang karena mau membeli barang idaman? Atau memang harus berhemat karena uang yang masuk ke rekening kita tiap bulan sedikit? Coba deh, cara-cara menghemat uang yang kutulis dibawah ini. Khususnya untuk para mahasiswa yang sedang ngekost nih.

1. Kurangi frekuensi makan di luar
Memang sih makan diluar itu praktis, tidak repot dan menghemat waktu. Tapi ruginya, saku jadi cepat tipis. Setidaknya jangan setiap hari makan di luar. Berselang-seling atau kalau bisa hanya 2x seminggu.

2. Masak sendiri
Yup, masak sendiri. Apalagi bagi cewek nih, dengan masak sendiri di kost, selain menghemat uang juga belajar menjadi ibu rumah tangga yang baik. Eaaa. Gak apa-apa menunya sederhana atau bahkan gak enak, toh kita juga yang makan. Kalau gak bisa sama sekali, paling tidak masak nasi lah ya, beli lauknya di luar.

3. Bawa bekal
Hah, bawa bekal? Kayak anak TK saja. Terserah saja, mau atau tidak. Lebih baik menjaga gengsi atau menjaga keamanan dompet setiap bulan? Yang jelas, bagaimana pun kita tetap harus makan siang. Dengan membawa bekal, kita tidak perlu pulang saat makan siang, tapi juga tidak menghabiskan uang dengan makan di kantin.  Selain itu, dengan membawa bekal dari kost yang dimasak sendiri, makanan yang kita makan pasti terjamin kebersihannya.

4. Berteman dengan orang yang sepaham
Nah, cs-an dengan teman-teman yang juga punya paham berhemat penting lho! Tentunya untuk membangun kondisi pergaulan yang hemat mat mat. Misalnya saat makan siang, kita janjian bawa bekal dan makan bareng di gazebo kampus. Irit plus rame kan?

Jika kita berteman dengan orang yang berperilaku konsumtif, kemungkinan besar kita juga akan tergoda untuk sering berbelanja. Mungkin mereka tidak punya masalah dengan uang bulanan. Sedangkan kita? Selain itu, bersikap berlebihan juga tidak baik. Menghambur-hamburkan uang untuk hal yang mubazir juga dilarang dalam agama.

finansial.com

5. Buat prioritas pengeluaran
Hal yang paling penting dalam pos pengeluaran adalah pengeluaran tentang makanan. Jadi atur baik-baik pos ini, tidak berlebihan tapi juga tidak perlu terlalu ketat. Selanjutnya untuk yang kuliah, tentu saja jatah untuk keperluan akademik harus dianggarkan setiap bulannya. Misalnya membeli kertas HVS dan tinta, memotokopi materi kuliah, atau membeli alat-alat yang mendukung akademik kita.

Yang perlu diwaspadai adalah jangan sampai pengeluaran untuk “hiburan” lebih banyak daripada pos-pos penting seperti makan dan akademik. Ada banyak mahasiswa yang lebih fokus mengisi “nyawa” gadget mereka daripada membelanjakan uang untuk kepentingan kuliah. Bahkan kebanyakan dari mereka, jika mendapat beasiswa berupa dana pendidikan, malah dibelikan gadget. *tepok jidat

6. Menambah pemasukan
Jika uang bulanan kita memang sangat seret meskipun sudah dihemat. Mungkin perlu mencoba cara yang terakhir ini. Menambah pemasukan. Tentunya tidak dengan minta tambah transferan ke orang tua ya. Cari kerja part time yang tidak mengganggu kuliah kamu. Misalnya mengajar, jualan pulsa, menjadi reseller dari produk tertentu, dan menjaga toko.

Demikian, 6 cara yang patut dicoba jika kamu sedang dalam misi berhemat. Inshaaallah ke-6 cara tersebut sudah teruji keampuhannya oleh penulis sendiri. Selamat mencoba!

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates