Sunday, May 4, 2014

[Pra] Haul Guru Sekumpul ke-9

Hari ini adalah puncak acara haulan yang ke-9 tahun meninggalnya KH. M. Zaini Abdul Ghani  atau yang akrab dipanggil Haji Izai, salah seorang ulama karismatik asal Kalimantan Selatan (info lebih lengkap tentang beliau bisa dilihat disini). Martapura, tepatnya Sekumpul sebagai tempat tinggal dan tempat beliau dimakamkan akan menjadi tempat berkumpulnya ratusan umat muslim dari seluruh Kalimantan Selatan. Bahkan dari luar provinsi. Tahun lalu, keluargaku yang dari Kaltim bahkan berangkat satu rombongan menggunakan bus untuk menghadiri acara haulan ini.

Sekumpul, 9 tahun yang lalu, ketika Guru Sekumpul meninggal
pict source

Aku yang kebetulan melewati Martapura pagi ini, menyaksikan sendiri bagaimana jalanan mulai padat merayap. Meski haulannya baru dimulai ba’da Maghrib nanti. Subhanallah, aku terdecak kagum. Bagaimana tidak, antusiasme masyarakat yang ingin berziarah sekaligus mengenang ulama yang juga mempunyai gelar Guru Sekumpul ini masih tinggi meski kemajuan zaman mulai menggerogoti keimanan sebagian besar manusia.

Kubah Guru Sekumpul

Aku salut dengan usaha pemerintah Kota Martapura untuk mendukung acara ini, jalanan dipenuhi oleh polisi lalu lintas di titik-titik rawan kemacetan. Jadi meskipun jalan tidak lancar, pengguna jalan tetap tertib. Panitia juga telah bergerak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Di beberapa bagian jalan, mereka membuat arah penunjuk jalan pintas menuju Kubah Guru Sekumpul, tempat diadakannya acara haulan, agar orang-orang yang ingin pergi ke sana bisa melewati jalan tersebut dan tidak memadati jalan utama.


Seorang teman menuliskan statusnya di facebook, “malam ini ratusan orang siap putihkan Martapura”. Itu benar. Orang-orang yang berdatangan yang ingin mengikuti acara haulan ini rata-rata memakai busana muslim dengan warna putih. Tadi saja aku melihat banyak rombongan putih-putih. Karena mungkin mereka berasal dari luar kota, banyak dari mereka yang memadati tempat-tempat sentral di Martapura untuk mengambil foto. Seperti di depan mesjid Al-Karomah Martapura, Pusat Pertokoan Cahaya Bumi Selamat, dan Alun-alun Ratu Zaleha.



0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates