Wednesday, May 21, 2014

My Sasi Style, Produk Gaya Berbudaya

My Sasi Style (MYSS) adalah merk jual sebuah UKM yang berlokasi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Ciri utama produk MYSS adalah adanya selipan unsur kain sasirangan pada produknya. Bentuk produknya bermacam-macam, antara lain bros, kaos, kemeja, blus, jepit rambut, dan kalung.






Kain sasirangan sendiri adalah kain adat dari Kalimantan Selatan yang biasanya dijahit menjadi kemeja atau seragam untuk dipakai dalam acara formal. Produk MYSS memungkinkan pemakainya untuk menggunakan kain sasirangan dalam acara informal dan tetap terlihat kasual. Karena produk MYSS mengombinasikan style fashion yang sedang in saat ini dengan kain-kain bermotif sasirangan.

Awal dari usaha UKM ini adalah adanya usulan Program Kreatif Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang diketuai oleh sahabat saya sendiri, Yunglinna Ria Simamora.  Ketika usulan PKM-K tersebut lolos dan didanai oleh Dikti maka usaha yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta pada produk dalam negeri ini mulai dijalankan. Kain sasirangan yang digunakan pada produk MYSS ini merupakan handmade, bukan hasil printing. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk lebih menghargai pengrajin sasirangan Banua (sebutan untuk Provinsi Kalimantan Selatan).


Dengan slogan Dream, Youth, n Culture MYSS benar-benar menunjukkan jati diri sebagai karya kreatif anak bangsa. Memakai produk MYSS membuat kita terlihat lebih mencintai budaya lokal namun tetap gaya. Nuansa budaya urang Banjarnya melekat pada produk ini. Sehingga produk MYSS juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, pertanda bahwa kita sudah pernah mengunjungi Kalimantan Selatan.


Bagi yang ingin membeli produk MYSS bisa langsung kontak ke akun twitter resminya @MySasiStyle. Pembelian bisa dilakukan by demand lho, motif dan warna sasirangannya juga bisa dipilih.

Motif dan Warna Kain Sasirangan
Harapanku untuk produk-produk asli dalam negeri seperti MYSS, semoga mampu mengalahkan tren produk luar negeri yang menjamur di Indonesia. Salah satu cara untuk memperkenalkan produk kreatif Indonesia seperti ini adalah dengan mengadakan Pameran Produksi Indonesia.


Pameran Produksi Indonesia tahun 2014 akan diselenggarakan di Bandung, Harris Convention Festival CTLink, 22-25 Mei 2014. Jangan lupa untuk datang ya. Dengan mengunjungi pameran ini semoga kita bisa membuka mata bahwa produk Indonesia tidak kalah lebih berkualitas dari produk luar negeri manapun.



0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates