Menikmati Proses. Meladeni Obsesi. Mengakrabi Tuhan.

Piper Betle

1 komentar

Klasifikasi
Regnum           : Plantae
Divisi               : Spermatophytha
Kelas               : Dicotyledoneae
Ordo                : Piperales
Famili              : Piperaceae
Genus              :Piper
Spesies            :Piper betle
Deskripsi:
Piper betle atau biasa yang disebut sirih ini (di Jawa disebut juga sebagai suruh /sedah sedangkan di Sunda kerap dinamai seureuh) termasuk jenis tumbuhan merambat dan bersandar pada batang pohon lain. Tanaman sirih  panjangnya mampu mencapai puluhan meter.Bentuk daun sirih pipih menyerupai jantung dan tangkainya agak panjang.Permukaan daun berwarna hijau dan licin, sedangkan batang pohonnya berwarna hijau agak kecoklatan dengan permukaan kulitnya yang kasar dan berkerut-kerut.Buah sirih (Piper betle) merupakan buah buni yang berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan.Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Habitat:
Tanaman sirih tumbuh tersebar diberbagai negara di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Selain di Indonesia sirih dijumpai tumbuh pula di India, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, Vietnam, Kamboja bahkan hingga ke Papua New Guinea.

Potensi:
Minyak atsiri dari daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya antioksidasi (mematikan kuman) dan fungisida (anti jamur).
Selain itu sirih juga mengandung bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.Sirih juga mempunyai berbagai khasiat terutama sebagai obat-obatan herbal.Berbagai penyakit mulai batuk, sariawan, sakit mata, eksim, bau mulut, bau badan hingga keputihan, sakit jantung, dan sifilis dapat diobati dengan daun dan buah sirih.
Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.
Berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang dapat diobati dengan memanfaatkan khasiat sirih antara sakit mata, eksim, bau mulut, kulit gatal, menghilangkan jerawat, pendarahan gusi, mimisan, bronkhitis, asma, batuk, sariawan, luka, keputihan, haid tidak lancar, produksi ASI yang berlebihan, sakit jantung, sifilis, alergi, diare, dan sakit gigi.

Sumber Pustaka:
Alamendah.2010.Sirih (Piper betle).
www.alamendah.wordpress.com

Diakses pada 31 Oktober 2011
Rindang Yuliani
Hi, I'm Rindang Yuliani. I'm a writer, a civil servant, and living in Barabai, South Borneo. I love reading and I'm interested in travelling. My first book is Escape, Please!

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar