Sunday, April 6, 2014

Flammulina velutipes


Klasifikasi
Regnum: Fungi
Divisi   : Basidiomycota
Kelas   : Homobasidiomycetes
Ordo    : Agaricales
Famili  : Marasmiaceae
Genus  : Flammulina
Spesies:Flammulina velutipes
Deskripsi:
Flammulina velutipes (jamur enoki/enokitake) adalah jamur pangan dengan tubuh buah berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga dengan nama jamur tauge, jamur emas, dan jamur musim dingin. Enokitake dapat hidup di alam sebagai jamur liar atau dikultur dan dibudidayakan. Ciri khas jamur enoki hasil budaya adalah warnanya yang kuning pucat, tangkainya yang panjang dengan tudungnya yang kecil. Sedangkan jamur enoki yang liar memiliki tudung berwarna coklat, berbentuk cembung dan ukurannyadapat mencapai 3 cm. Tudung ini akan bertambah datar seiring bertambahnya usia jamur enoki.

Habitat:
Jamur ini tumbuh di wilayah beriklim sejuk. Biasanya tumbuh di permukaan batang pohon Cetis sinensis (bahasa Jepang: enoki) yang sudah melapuk, sehingga di beri nama Enokitake (Jamur Enoki).

Potensi:
Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup di Jepang, Korea, Cina dan Vietnam. Di Cina jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati susah buang air besar. Tetapi jamur ini juga mempunyai potensi sebagai hama pada beberapa produk pertanian.

Sumber Pustaka:
-            PHP.2010.Pengetahuan tentang Jamur.

Diakses pada 5 Oktober 2011

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates