Tuesday, March 11, 2014

Gak Tau Ngeblog… Halah!

Judul : Bloggermania!
Penulis : Pipiet Senja dan Adzimattinur Siregar
Penerbit : Zikrul Hakim
Tahun terbit : 2008

“Hari gini… gak tahu ngeblog? Halaaah… gaptek amat!” demikian komentar Butet waktu ditawari kolaborasi menulis buku tentang blog. Pas dia survei, bukan di kalangan kampus, ternyata masih banyak juga yang belum paham apa itu ngeblog. 

Bagi Pipiet Senja dan Adzimattinur Siregar, ngeblog sudah menjadi makanan sehari-hari, kebutuhan yang tak mungkin dihindari. Sebagai penulis, ibu dan anak ini, memandang perlu media online untuk menampung tulisan-tulisan, buah karya mereka di dunia maya. Demi menjawab tantangan zaman yang memasuki era globalisasi.

Inilah buku tentang blog yang ditulis oleh ibu dan anak sesama bloggermania. Berisi berbagai hal, mulai dari cara ngeblog yang smart dan santun, curhatan, pemikiran, ide kreatif, sampai kiat-kiat menembus SPMB dan 1001 alasan ngeblog.

**

Alasan terbesarku membaca buku ini adalah karena temanya tentang blog. Aku yang baru bangun dari mati suri di dunia per-blog-an tentu merasa perlu untuk membaca buku ini. Meskipun sudah melihat tahun terbit buku ini, 2008 –yang notabene blog waktu itu masih merupakan media sosial online yang populer. Sekarang 2014, blog pasti sudah jauh terlibas oleh facebook, twitter, instagram, bbm, dkk.

Setelah aku membaca buku duet ortu-anak ini. Ya ampun, isinya random banget. Tidak hanya soal blog yang ditulis di sini. Tapi juga tentang berbagai catatan harian kegiatan mereka. Meluber kemana-mana. Membacanya, membuatku seperti masuk ke kehidupan mereka. Aku tidak terlalu terkejut dengan latar belakang keluarga dalam cerita mereka, karena sebelumnya sudah membaca buku Haekal, kakak Adzimattinur a.k.a Butet yang bertema nikah muda. Mereka keluarga penulis, salah satu dari sekian banyak inspiratorku.

Mengenai isi curhatan kedua penulis ini di blog, aku terkesan dengan catatan Pipiet Senja. Mengenai neo-komunisme yang ternyata beliau mengalami atau setidaknya melihat secara langsung kegiatan kaum kiri ini. Tidak ditulis di sana tahun berapa tulisan tersebut ditulis, tapi aku membayangkan betapa ngerinya seandainya anak-pinak PKI tersebut masih berkembang di Indonesia hingga saat ini. Sedangkan dari blog Butet aku merasa tertohok sekali membaca catatannya yang berjudul Baybay Einsten. Bayangkan ada anak IPA yang rela ikut bimbel IPS demi masuk FH daripada FK. Buat aku yang termindset bahwa jurusan IPA lebih keren daripada jurusan IPS,  itu nohok banget ^^

Point terpenting dari buku ini adalah pesan yang secara tidak langsung disampaikan oleh penulis, yaitu bahwa menulis blog itus sangat menyenangkan. Ditulis dengan bahasa yang mengalir dan gaul, buku ini membuat pembaca tidak merasa telah membaca sebuah buku. Sekali lagi, seperti membaca catatan harian. Pada beberapa halaman juga designnya menyerupai tampilan blog. Jadi menurutku buku ini memang sangat cocok dibaca oleh orang yang berniat menjadi bloggger sejati –seperti aku. #tsaah


Jadi yuk ngeblog! Karena ngeblog itu menyenangkan J

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates