Friday, August 26, 2011

Belajar Efektif, Nilai Bagus


Belajar melulu memang bikin bete. Tapi nggak ada cara lain untuk dapat nilai bagus, selain belajar. Nah, gimana caranya agar belajar kita bisa efektif?

1. Baca Ulang Semua Catatan
Beberapa hari sebelum ulangan, baca ulang semua catatan. Jangan menerapkan SKS (sistem kebut semalam), karena otak kita bakal overload. Ditambah lagi kalau harus bergadang semalam sebelum ujian, bikin kondisi kita keesokan paginya bakal payah banget.

2. Pentingnya Catatan Kecil
Catatan kecil berisi materi yang harus dihafal sangat penting lho. Eiits, bukan buat menyontek lho! Tapi untuk membiasakan kamu melihatnya dimanapun kamu berada sehingga lama-lama kamu jadi hafal dengan menaruh catatan kecil tersebut di tempat-tempat kamu biasa melewatinya. Misal, di cermin dan di dinding kamar. Jadi setiap kita melakukan sesuatu di tempat itu mau nggak mau, catatan kecil tersebut terbaca. Lumayan buat nabung hafalan di otak.

3. Belajar Kelompok Asyik Juga
Atur acara belajar kelompok bareng teman-teman. Enggak usah terlalu banyak, maksimal lima orang. Tiap orang menghafal bagian (bab) tertentu. Misal Anis kebagian bab 2, Maria bab 1 sementara Tara harus menghafal bab 3. Tiap orang kemudian harus menjelaskan masing-masing bab yang dikuasainya ke teman lain dengan bahasa sendiri. Kegiatan ini bikin kita lebih aktif dan gampang menyerap ilmu.

4. Soal Lama Jangan Dibuang
Kenapa? Karena para guru biasanya suka memakai soal-soal lama yang sudah pernah dikasih. So, simpan soal ulangan n PR yang pernah kita terima. Kalau kamu mau lebih aktif, minta soal lama ke kakak kelas kita juga bisa. Jawab lagi soal-soal tersebut dengan bantuan buku panduan kita.

5. Ajarin Donk!
Jangan ragu minta diajari orang yang lebih pintar. Seperti kakak kelas yang sudah akrab sama kita atau teman kita sekelas yang ilmunya lebih tinggi dari kita. kalau orang tua mengijinkan, bisa juga ikut les mata pelajaran tertentu yang menurut kita sulit.

6. Cari Tempat yang Enak
Coba ingat-ingat, di mana kamu bisa belajar dengan baik. Di kamar, di teras, atau di halaman belakang rumah? Tempat bisa sangat mempengaruhi hasil belajar seseorang lho. Penerangan yang cukup di tempat belajar juga merupakan hal yang penting. Jangan lupa juga atur waktu yang tepat, jangan terlalu malam dan terlalu lama.

7. Jaga Kesehatan
Kondisi fisik yang baik akan membuat tubuh mudah melakukan apa saja, termasuk belajar. Jaga kesehatan kita dengan makanan bergizi. Makanan yang mengandung protein sangat bermanfaat untuk kekuatan otak. Jauhi kafein dalam kopi yang membuat tubuh kita mudah lemah.

8. Finally
Malam sebelum ujian, baca-baca sekilas materi yang telah dipelajari hari-hari sebelumnya. Maksimal 2 jam, setelah itu tidur yang cukup. Supaya besok pagi bangun dengan tubuh segar.

Semoga tips ini membantu. Good luck!

0 comments:

 

Rindang Yuliani Published @ 2014 by Ipietoon

Blogger Templates